phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

December 24, 2012

(Pelajar) Thailand Juga Ada di UIN



Mungkin, selama ini kita tidak begitu memperhatikan bahwa di sekitar kita (lingkungan kampus UIN) ada beberapa mahasiswa asing yang berasal dari luar negeri. Yang kita ketahui, biasanya mahasiswa dari luar negeri itu adalah mahasiswa yang kulitnya putih, rambut pirang, tinggi dan kebarat-baratan tingkah lakunya. Padahal jika kita cari tahu lebih jauh, akan ada banyak karakteristik yang berbeda dari mahasiswa asing yang belajar di UIN. Diantaranya adalah mahasiswa yang berasal dari Timor Leste, Malaysia, Thailand, Rusia, dan dari negeri lainya.

Dari sekian banyak mahasiswa, ada beberapa mahasiswa yang berasal dari negeri tertentu yang sering berinteraksi dengan mahasiswa dan orang-orang Indonesia, yaitu mahasiswa UIN Yang berasal dari Thailand.

Mereka (Mahasiswa asal Thailand) tergabung dalam sebuah komunitas yang sudah berdiri sejak 40 tahun yang lalu. Saat ini komunitas daerah (Thailand) dinamakan PMIPTI. Tak beda dari komunitas kedaerahan lainnya, PMIPTI juga bergerak untuk mewadahi dan mengapresiasi kreativitas dan aktivitas para mahasiswa Thailand.

Sejauh ini, PMIPTI aktif dalam beberapa agenda yang dilaksanakan oleh masyarakat sekitar. Bahkan, PMIPTI sangat proaktif dan antusias membantu menyukseskan acara-acara yang diselenggarakan oleh masyarakat sekitar. Walaupun saat ini PMIPTI hanya berjumlah 11 orang, mereka benar-benar memaksimalkan untuk menjaga hubungan dengan masyarakat dalam setiap acara, karena hal ini juga mendukung PMIPTI dalam aktivitasnya sehari-hari. Mereka juga akan dianggap “ada” di lingkungan sekitar sekretariat PMIPTI.

Di sisi lain, PMIPTI juga mempunyai agenda sendiri seperti, silaturahmi antar komunitas daerah lainnya. Ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Kegiatan ini bertujuan membangun relasi dan tali silaturahmi sesama mahasiswa. Selain itu, kegiatan ini juga dilakukan untuk memperlancar kesulitan mahasiswa Thailand dalam berbahasa Indonesia, dan tentunya juga bertujuan untuk mengetahui kekayaan budaya, tradisi dan local wisdom yang ada di Indonesia melalui komunitas-komunitas daerah yang ada di Yogyakarta.

PMIPTI yang beranggotakan mayoritas muslim, juga mempunyai agenda keagamaan, yaitu pengajian dengan warga di masjid Perum Polri yang biasa dilakukan setiap bulan. Di setiap malam jum’at, PMIPTI mempunyai agenda tetap yaitu, pembacaan surat yasin dan tahlil. Hal ini dilakukan untuk mengenang para pendahulu, mendoakan orang tua, guru, saudara dan kerabat lainnya. [Luthfi Afif Azzaenuri]

1 comment:

  1. apakah ada dosen di UIN JOgja yg berasal dr Thailand mas? thx

    ReplyDelete