phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

December 24, 2012

from A to Z


Breakdance, Jogja seakan tidak akan pernah kesepian akan dunia seni yang selalu berkembang dan berkembang. Salah satu kesenian modern dari barat yang mulai muncul dan menjamur di awal tahun 2002 ternyata telah membuat sekelompok mahasiswa dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta membuat sebuah komunitas Dance. Komunitas dance ini secara resmi berdiri tanggal 1 Februari 2008, Seiring berjalannya waktu, anggota AZ Dancer semakin bertambah yang mulanya hanya digagas oleh mahasiswa Psikologi, namun sekarang mulai berdatangan peminat Dance dari berbagai fakultas di USD (Universitas Sanata Dharma), bahkan dari beberapa universitas lain juga gabung AZ Dancer.

Awal berdirinya AZ Dancer, mereka membagi konsentrasi Dance dalam 3 jenis, yaitu Hiphop, Modern dan  Balle-Kontemporer. Akan tetapi sekarang konsentrasi yang digeluti oleh AZ Dancer tinggal dua saja, yaitu Hiphop dan Modern.

Saat ini AZ Dancer lebih diorientasikan untuk dancer cewek, hal tersebut dikarenakan sang pelatih tercinta AZ Dancer yang bernama Lucia Maestria adalah seorang cewek. By the way,  about Lucia Maestri yang biasa disapa dengan sebutan "mbak Mae", merupakan seorang lulusan Psikologi USD angkatan 2005, kemampuannya melatih sudah tidak diragukan lagi. Banyak bukti yang tersaji, salah satunya adalah hasil gemblengannya sudah berhasil mendirikan  beberapa grup dance. Bahkan dari beberapa anak buah yang dilatih mbka Mae, ternyata menjadi pelatih SMA Stella Duce yang notabene menyabet juara di Padmanaba Fest 2011 dengan grup dance mereka yang bernama Star Lovers. Bukan hanya itu lho, ada juga The Shadow Crew, grup dance asal SMA Santa Maria Jogja yang dapet juara 3 di Dance Competition Padmanaba Fest 2011 yang ternyata pelatih mereka adalah didikan Mbak Mae, serta banyak lagi grup dance yang pelatihnya adalah jebolan AZ Dancer seperti  D'Clovers (SMP Stella Duce) yang juga menggondol juara 2 di Budi Wacana Cup 2011. Ternyata, Cewek yang juga lagi sibuk jadi English Teacher di Purikids Jogja ini juga pernah menjabat sebagai Juri di Yamaha Dance Competition 2011. Keren kan ? pengen taulebih dalam ? ikuti kita terus yah !!

Lama-lama penasaran juga sepertinya kalau hanya mengulas mbak Mae dan AZ Dancer. Ok, mengenal AZ Dancer kurang afdhal apabila kita tidak tahu Visi dan Misi mereka.

Visi:  
Mengembangkan potensi seni generasi muda hingga menjadi pekerja seni yang profesional dengan  mengutamakan kekeluargaan, kepedulian, keterbukaan, loyalitas, dan kerjasama dalam tim.

Misi:

  • Bersikap profesional dalam setiap pekerjaan (mempunyai manajemen waktu yang baik, berlatih secara serius dan berkesinambungan, dan memberikan yang terbaik dalam setiap penampilan di panggung).
  • Menumbuhkan kecintaan generasi muda pada berbagai jenis koreografi.
  •  Menjadikan perbedaan karakteristik anggota sebagai aset bagi tim.
  •  Menjunjung kerjasama dalam tim dan mengutamakan kepentingan bersama.
  • Menjalin kekeluargaan, kepedulian, dan keterbukaan di dalam maupun di luar AZ Dancer.

Walaupun usia AZ Dancer masih terbilang muda akan tetapi komunitas ini sudah cukup bayak menorehkan banyak prestasi yang patut kita ucapkan WOW !

Desember 2008 Finalis Gempita 80’s, Taman Kuliner
Februari 2009 Finalis Imlek Dance Competition Univ. Atmajaya Yogyakarta
Mei 2009 Juara 3 di acara Festival Kuliner Gaul, UC UGM
Februari 2010 Finalis di acara Imlek Dance Competition, Univ.Atmajaya Yogyakarta
Mei 2010 Best Choreographer di acara Festival Budaya Bangsa, Ramai Mall
Juli 2011 Finalis Shinzui Dance Competition, Galeria Mall
Juli 2011 Finalis Hokben Dance Competition, Hoka-Hoka Bento Jakal

[Muhammad Iqbal Fahmi]

0 komentar: