phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

December 24, 2012

Mahasiswa Thailand yang Ada di Yogyakarta

Negara Thailand merupakan salah satu negara yang berada di Benua Asia, tepatnya di Asia Tenggara. Thailand termasuk salah satu negara pengekspor beras terbesar di dunia dan termasuk salah satu negara di dunia yang tidak pernah terjajah oleh bangsa/ negara manapun sepanjang negara ini berdiri, walaupun sejak akhir tahun 2007 mulai banyak terjadi konflik- konflik antar umat beragama. Negara Thailand didominasi oleh para orang pribumi Thailand dengan Budha sebagai agama terbesarnya.

Pattani meruapakan salah satu provinsi yang ada di Negara Thailand dan merupakan daerah dengan mayoritas muslim terbesar di Thailand, IPMIPTI (Ikatan Persatuan Mahasiswa Islam Pattani Selatan Thailand Indonesia) merupakan sebuah organisasi yang mewadahi para mahasiswa dan mahasiswi yang ingin menuntut ilmu di Indonesia.

Menurut Abdonloh, mahasiswa semester 3 program studi Psikologi FISHUM UIN Sunan Kalijaga dan merupakan salah satu warga Negara Thailand yang menjabat sebagai anggota IPMIPTI di kota Yogyakarta bahwasanya IPIMPTI yang ada di Yogyakarta telah didirikan 40 tahun yang silam, namun pada tahun 2004 hingga 2009 tidak aktif dikarenakan adanya konflik antar umat beragama pada saat itu, dan pada tahun 2010 IPMIPTI mulai aktif kembali.

IPMIPTI yang ada di Yogyakarta terdiri dari 21 orang pengurus dengan beberapa departemen atau bidang yang membimbing aspirasi para mahasiswa- mahasiswa Thailand yang ada. Di IPIMPTI, mereka mempunyai seorang imam yang dijadikan sebagai penasihat/ orang yang dituakan bagi para mahasiswa Thailand, walaupun imam itu bukanlah asli warga Negara Thailand dan merupakan imam di salah satu masjid di Yogyakarta yaitu Masjid Syuhada di daerah dekat kawasan Kali Code.  Adapun untuk system kepengurusan yang ada di IPMIPTI dilaksanakan setiap setahun sekali guna untuk menjalankan roda organisasi mahasiswa Thailand yang ada di Yogyakarta.

Untuk alamat IPMIPTI itu sendiri teletak di Perumahan Polri GOWOK blok D 1/174 dan jumlah anggota yang tinggal disana hanya 11 orang saja. Secara garis besar, orang Thailand yang berasal dari Provinsi Pattani didominasi oleh Suku Melayu dengan bahasa Melayu logat (Malaysia Indonesia). Bahasa ini sedikit berbeda dengan bahasa Thai yang biasa dipakai warga Thailand di Bangkok atau kota lainnya, sehingga dalam hal ini mereka tidak mengalami terlalu banyak kesulitan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar. [Rahmah Attaymini/10730111]

0 komentar: