phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

December 5, 2012

Asyiknya Membingkai Dunia

Ketika kita berada di tempat yang sangat indah, tak afdol rasanya apabila kita tidak mengabadikan setiap moment yang kita lakukan. Bahkan, beberapa moment yang telah kita lalui di suatu tempat, kadang tak akan bisa terulang kembali. Sangat mubadzir tentunya jika kita sia- siakan setiap moment indah tersebut tanpa mengabadikannya.  Masa- masa yang indah pun biasanya akan memberikan kesan romantis saat kita teringat kejadian tersebut, termasuk salah satunya adalah saat menatap beberapa lembaran foto.

Foto merupakan salah satu media untuk mengabadikan beberapa moment yang pernah kita lakukan, baik bersama keluarga, kawan, pacar, dan lainnya. Tentunya banyak dari kita yang sudah lumrah dengan kegiatan fotografi. Ya, memang asyik rasanya mencari sesuatu hal yang menarik dan unik sebagai obyek untuk difoto atau yang lebih dikenal dengan istilah hunting. Hunting biasanya sangat digemari bagi mereka para pecinta fotografer. Tak tanggung- tanggung, merekapun rela jauh- jauh datang untuk mengunjungi tempat- tempat dimana memiliki keindahan panorama yang luarbiasa.

Salah satunya adalah para pecinta fotografi di dalam Komunitas ToekangPoto. Komunitas ToekangPoto atau yang sering disingkat KTP ini adalah wadah sekumpulan para fotografer Yogyakarta baik dari yang masih amatir atau belajar sampai para profesional yang bersama- sama mengembangkan bakat dan minatnya dalam dunia fotografi. Banyak sekali hal- hal yang dapat kita petik disetiap kegiatan yang dilakukan KTP ini, mulai dari teknik dasar dalam menggunakan kamera DSLR sampai pada teknik pencahayaan dan pemotretan itu sendiri. Selain ramah, para pengajarnya pun terbilang sangat profesional dalam menerapkan metode pembelajaran teori- terapan, sehingga komunitas inipun banyak diminati. “Metode pembelajarannya juga asyik, diajarin mulai dari dasar sekaligus terjun langsung kelapangan, tidak hanya materi berupa teori yang didapat tapi juga praktek langsung.” tutur Hasnah, salah seorang anggota Komunitas ToekangPoto.
  
Untuk kegiatan hunting biasanya dilakukan tiap dua minggu sekali, dan untuk penentuan tempat biasanya disesuaikan dengan katagori tertentu. “Yang ikut Komunitas ToekangPoto tuh ngga hanya dari satu universitas, tapi dari berbagai universitas seperti UNY, UGM, UII,UIN, dan lain- lain. Jadi kita bisa mengenal lebih dekat sifat teman- teman yang berbeda- beda di setiap kegiatan maupun hunting  ” jelasnya lagi.

Salah satu hal yang menarik dari dunia fotografi adalah setiap katagori foto memiliki karakter dan teknik tersendiri, seperti human interest yang lebih menonjolkan pada sisi keindahan pada manusia, lanscape (pemandangan alam), makro (obyek yang diperbesar) , mikro (obyek yang kecil), levitasi (obyek yang tampak seakan- akan terbang), ekspresi dan lainnya. Untuk menghasilkan gambar yang indah, kita tak hanya memperhatikan dari point of view dan point of interest-nya saja, namun tentunya kita juga harus memandang dari sisi seni.  [Latif Ahmad Fauzan]

0 komentar: