phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

October 15, 2012

Sungai Musi Mengalir di Yogyakarta

Sungai Musi adalah sungai yang panjangnya sepanjang 460 km. Sungai ini membelah Propinsi Sumatera Selatan dari Timur ke Barat yang bercabang-cabang dengan delapan anak sungai besar yaitu: Sungai Komering, Ogan, Lematang, Kelingi, Lakitan, Semangus, Rawas dan Batanghari Leko. Oleh karena itu, Sumatera Selatan yang beribukota Palembang dikenal dengan julukan Batanghari Sembilan.

Mungkin menurut teman- teman, judul diatas tampak sedikit hiperbola. Tapi memang demikianlah adanya, masyarakat Sumatera Selatan (dimana sungai Musi mengalir), tinggal dan mencari penghidupan di kota Yogyakarta, kota yang disebut-sebut sebagai miniatur Indonesia.

Adalah Silam Pari, salah satu daerah di kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan, masyarakatnya yang tinggal dikota Yogyakarta mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Rawas. Mengapa tidak, mereka difasilitasi dengan rumah tinggal (asrama) khususnya bagi mahasiswa yang sedang menuntut ilmu dikota pelajar ini.

Asrama mahasiswa Silam Pari yang berlantai dua ini terletak tepatnya di Jalan Taman Siswa, No 868, Yogyakarta. Gedung asrama Silam Pari ini telah lama berdiri, sekitar tahun 1960-an, begitulah menurut penuturan ketua asrama Silam Pari ini. Dari tahun ke tahun, asrama ini telah mengalami pemugaran dan terakhir dipugar tahun 2006 dan diresmikan langsung oleh bupati Musi Rawas. Ada delapan orang mahasiswa yang tinggal di asrama ini. Mereka kuliah diberbagai universitas baik negeri maupun swasta yang ada di Yogyakarta

Asrama ini terbuka untuk setiap mahasiswa baru dari kabupaten Musi Rawas khususnya dari daerah Silam Pari yang ada di Yogyakarta. Asrama Silam Pari juga turut bergabung dengan asrama pusat mahasiswa Palembang yaitu Balai Sriwijaya. Menurut pengakuan ketua asrama Silam Pari, yang bernama M Libradika HA, kepengurusan asrama Silam Pari saat ini masih belum tertata dengan rapi, hal ini dikarenakan baru saja dilakukan pemilihan ketua, dan struktur kepengurusannya belum ditindak lanjuti. “Tetapi dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan Musang (Musyawarah Anggota)” tutur Libradika. [Mega Firmawanti]

1 comment:

  1. bravo musi rawas...

    payo kenti kenti yang ado diasrama silampari di bawah kepemimpinan Baruri Pasolima periode 2014 2016
    payo kito junjung namo baik asrama silampari yang di Wilayah tanah perantauan...

    ReplyDelete