phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

December 5, 2012

Nur Rofingah; Lebih Dekat dengan Tuhan melalui Fotografi

Hunting Object ? Ayolah ! begitulah suara yang akan terdengar dari orang yang cinta akan fotografi. Pecinta dan peminat fotografi di daerah Jogja sangatlah banyak, maka tidak mungkin bila komunitas yang memayungi hobi menjepret gambar ini sedikit. Salah satu komunitas yang bari berdiri adalah KTP Yogyakarta ( Komunitas Toekang Poto ). Begitu unik dan menggelitik mendengar nama tersebut ? let’s we look for the info ‘bout KTP !

Komunitas yang baru berumur 1 tahun ini diketuai oleh Nur Rofingah, seorang mahasiswi dari UIN Sunan Kalijaga, jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora yang sangat intens dengan dunia fotografi. Dalam wawancara kami, Rofi menuturkan pandangannya sekilas mengenai fotografi, “Fotografi merupakan bagian dari seni rupa” begitulah kata Rofi yang sekarang menjejaki semester 5. Baginya, fotografi adalah bagian yang tidak terpisahkan dengan seni rupa. Mungkin dapat dikatakan apabila seni rupa itu seperti seni lukis, menggambar, dan semacamnya adalah bentuk seni rupa klasik, sedangkan fotografi adalah bentuk seni rupa modernnya. Fotografi mungkin lebih mudah daripada melukis atau menggambar karena dalam pengerjaannya tidak secara konvensional seperti bentuk seni rupa klasik, tetapi juga tidak semudah yang dibayangkan, karena fotografi memerlukan teknik-teknik khusus dan ada banyak hal yang harus diperhatikan dalam fotografi. Untuk mendapatkan hasil jepretan kamera yang baik, para fotografer harus memperhatikan aspek pencahayaan, fokus kamera, diafragma, shooter dan lain – lain.

Prestasi ? yah, para anggota TKP walau masih sangat baru akan tetapi dalam prestasi mereka sudah mencicipi banyak event dan lomba. Seperti Nur Rofingah, meskipun bukan berasal dari sekolah fotografi atau semacamnya, bukan berarti ia tidak memiliki kemampuan dan track record bidang fotografi. Pada bulan November 2011, dalam “Pekan Raya Justisia” yang diselenggarakan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rofi termasuk dalam list 30 besar fotografer untuk lingkungan hidup.

Bagi mahasiswi kelahiran 27 September asal Purworejo ini, fotografi bukanlah sekedar tentang seni, akan tetapi fotografi menyentuh ranah  spiritual. Menurutnya, fotografi dapat membuat manusia lebih dekat dengan sang Pencipta. “Fotografi adalah seni yang membuat kita dekat dengan Allah. Ia adalah cara mendekatkan diri denganNya. Alam, hewan, tumbuhan, sudah pasti ciptaan Allah. Sehingga dari ciptaan Allah yang luar biasa tersebut dapat terciptalah karya fotografi - fotografi yang indah dan menakjubkan. Ini mengingatkan kita akan kekuasaan dan kebesaran Allah sang pencipta semesta alam”, tuturnya mengakhiri wawancara. [Tanti Setyaningsih]

0 komentar: