phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

December 24, 2012

Islami dengan Nuansa Musik Religi

Siapa yang tak kenal musik hadrah? Aliran musik yang satu ini merupakan salah satu kesenian yang sangat populer di kalangan masyarakat yang kental akan nuansa islaminya. Musik hadrah biasanya dimainkan dengan beberapa alat musik diantaranya : rebana, ketipung, bass dan lain sebagainya. Selain itu, musik hadrah ini juga dilengkapi dengan lantunan shalawat yang tentunya sangat menyentuh rohani para pendengarnya. Sangat menarik apabila kita dapat mempelajari dan mengkaji lebih dalam tentang musik hadrah ini.

Bagi kita yang ingin mendalami kesenian yang satu ini, tidak ada salahnya untuk bergabung dalam komunitas yang bernama Ar- Rahman. Ar- Rahman merupakan salah satu komunitas yang ada di bawah naungan Badan Semi Otonom Rayon Humaniora Park PMII UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dibentuk untuk menampung kreativitas mahasiswa dalam kesenian musik hadrah. Namun, tak hanya mahasiswa saja yang bisa bergabung dalam komunitas ini, bagi masyarakat umum yang berminat pun tetap bisa berlatih bersama. Hal terpenting bagi Ar- Rahman adalah terjalin hubungan yang erat dan kekeluargaan antar anggota. Terkait prestasi, tentunya sudah banyak yang di raih oleh grup kesenian musik Ar- Rahman.  Bagi mereka, kesenian musik hadrah tentunya memiliki daya tarik tersendiri sehingga dapat memikat dan menyentuh jiwa para pendengarnya.

Beberapa daya tarik dalam kesenian musik hadrah ini yang pertama adalah pada karakteristik musik yang lebih mengarah pada aliran musik religi. Nuansa islami tentunya sangat melekat kuat pada setiap musik beraliran hadrah. Selain sebagai hiburan, kesenian hadrah biasanya disajikan saat ada upacara- upacara keagamaan juga. Kedua ialah musik ini dimainkan oleh beberapa orang yang saling berkolaborasi dalam memainkan alat musik tabuh yang diiringi oleh lantunan suara yang sangat merdu. Ketenangan hati serta senandung indahnya kolaborasi rebana ala ketimuran dapat kita nikmati bersama- sama. Ketiga adalah musik ini  membutuhkan kekompakan agar suara yag dihasilkan menjadi padu.

Selain untuk melestarikan kebudayaan, mempelajari musik hadrah juga dapat menjadi kegiatan yang positif dan sangat bermanfaat bagi kita. [Latif Ahmad Fauzan]

0 komentar: