phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

December 25, 2012

“Dari Virginia Sampailah di Jakarta”

Namanya Febian “Kreate” Sumaputra Hidranto, seorang tokoh breakdance Indonesia yang memberikan pengaruh besar dalam perkembangan breakdance di Indonesia. Perjalanan dance Kreate dimulai pada tahun 1997 di mana ia mulai belajar breakdance bersama teman-temannya di Virginia, Amerika Serikat. Grup breakdance pertamanya disebut “Kurrupt Squad”. Setelah beberapa tahun, Kreate bersama teman-temannya melanjutkan latihan dance mereka serta mencari tempat-tempat latihan di sekitar Virginia. Dengan orang-orang yang terkumpul, mereka menjadikan grup breakdance baru yang bernama “Arrive to Defy” (ATD). Namun salah seorang anggota yang berpengaruh besar berpindah ke grup lain yang lebih terkenal sehinga ATD mencari anggota lainnya dan mengganti namanya menjadi “Labratz”.

Di tahun 2002, Kreate kembali ke Indonesia, karena pekerjaan ayahnya dipindahkan kembali ke Indonesia. Kreate bertemu dengan Senayan Breakers dan bergabung dengan mereka. Akan tetapi di tahun 2004 Kreate keluar dari Senayan Breakers dan mulai berlatih dengan Jakarta Breakin’ yang juga merupakan rival Senayan Breakers pada saat itu. Tidak hanya Jakarta Breakin’, Kreate juga mencari komunitas-komunitas dance lainnya dan mulai mempengaruhi gaya permainan dance banyak breakers (penari break dance).

Dengan kemampuannya  yang telah melalang buana, ia telah mengunjungi tempat-tempat seperti Amerika, Australia, Singapore, Switzerland. Melalui perjalanannya, ia diangkat menjadi anggota beberapa grup breakdance besar di dunia, seperti 7$ Crew, Mighty Zulu Kings dan Fresh Sox. Ia juga membuat sebuah grup breakdance yang mewakili Indonesia. Selain itu, Keate pernah membuat event breakdance dengan konsep yang orisinil dari Keate, yaitu memanggil breakers dari luar negeri untuk diadu dengan breakers Indonesia. Hal ini secara tidak langsung membuka mata para breakers di Indonesia untuk lebih giat berlatih dan mempelajari lebih dalam mengenai breakdance.

Pria yang lahir pada 4 Februari 1983 ini sudah banyak mengantongi sejumlah penghargaan, diantaranya :

-   Juara pertama dalam kompetisi “Floorskills” di Singapura(2004)

-   Juara pertama dalam kompetisi tim “UFM StreetSoul” di Citos(2003)

-   Juara pertama dalam kompetisi “Breaker’s Delight 2” di Maryland (2002).

-   Juara pertama dalam kompetisi tim “Deadly Venom’s Event” di Baltimore (2002)

-   Juara pertama dalam kompetisi “Battle For Some Loot” di Maryland (2001)

-   Juara pertama dalam kompetisi tim “Breaker’s Delight 1” di Maryland (2001)

-   Juara pertama dalam kompetisi tim “Startin’ Static” di Philldelphia (2000)

[Muhammad Ulil Albab]

0 komentar: