phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

November 27, 2012

Philosopy of BMX Riders

Terdapat filosofi dalam jiwa sebagian rider BMX yang menganggap aktivitas BMX bukan sekedar hobi, olahraga atau just for fun, tetapi BMX’s For Life untuk para rider BMX yang idiealis dan benar–benar cinta mati dengan olahraga ini. And once more, BMX Is Not Crime !

Filosofi tersebut diambil dari semua kalangan BMX’er semua kategori khususnya free style, street park, street spot, flat land etc. Karena banyak orang awam menganggap BMX hanya sebuah permainan sirkus jalanan atau cuma perkumpulan orang iseng / kurang kerjaan yang cuma bisa cari luka saja, setelah itu nongkrong ga  jelas. Sudah rahasia umum di mata orang awam bahwa BMX diblacklist dengan alasan yang tidak jelas karena mereka melihat secara sudut pandang sempit saja dengan mengatakan BMX cuma bisa merusak fasilitas umum dengan aksi liar mereka. Berikut adalah filosofi yang mereka bangun :

Ride For Glory
Kata – kata ini selalu di ucapkan oleh Rick Thorne salah satu pemain pro. Arti dari ungkapan tersebut adalah bahwa rider BMX harus berjaya dan bangga atas idenditas sebagai BMX’er, kata – kata dari Rick Thorne mungkin menjadi filosofi sebagian rider yang bangga atas status sebagai BMX’er. Pride and proud is ours

Seek and Destroy
Slogan ini banyak diteriakan ke semua rider saat melakukan trick-trick atau check spot yang baru pertama kalinya, mungkin dalam hati rider saat melakukan trick  dengan teriakan teman untuk menyemangati atau mensuport biar para rider siap mental dan berani melakukan sebuah trick. Slogan seek and destroy sebenarnya sebuah film BMX produksi tahun 2003 yang di sponsori oleh Litlle Devil, maksud dari film ini bahwa sebagai rider BMX wajib menghancurkan perasaan rasa takut dan rasa sakit saat melakukan trick BMX dan lebih berani lagi melakukan trick yang lebih menantang. Suatu kebanggan yang tidak mampu dibayar dengan apapun saat kita bisa melakuan trick yang diimpikan nan diidamkan dengan menghancurkan rasa takut dan rasa sakit.

Give To The Strength Of Our Community
Kalimat ini di ucapkan oleh legenda BMX dunia Matt Hoffman a.k.a The Condor. Kalimat ini populer di dalam film Road Fools Rock N Roll tetapi kalimat ini sudah diucapkan berulang – ulang kali untuk para rider BMX agar kita perduli dengan kesolidan komunitas BMX dengan cara mempererat tali persaudaraan dan lebih perduli kepada teman – teman sesama BMX’er. Sang legenda Matt Hoffman ini mengucapkan kalimat di atas semata – mata  dengan maksud  perduli terhadap rekan dan temannya yang bernama, Stephen Murray , salah satu pemain pro dunia. Stephen Murray menjadi lumpuh total karena gagal melakukan trick double back filp pada saat perlombaan. Banyak pemain pro dunia menggalang dana untuk Stephen Muray  serta memberi semangat dan dorongan mental terhadap Stephen.

Mungkin itu saja yang kita tahu dari ketiga filosofi BMX yang awalnya hanya slogan, akan tetapi banyak riders BMX menjadikannya landasan dalam bermain BMX. Meskipun hanya dari gemboran para legenda dan judul film ( bukan filosofi yang baku), akan tetapi sebaiknya kita dalam hidup harus mempunyai prinsip dan landasan dalam melakukan sesuatu. Tidak terkecuali dalam bermain BMX !!!. [Muhammad Ulil]

0 komentar: