phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

October 23, 2012

Segelintir tentang Keluarga Karawang Yogyakarta


Karawang, itulah nama dari salah satu kota kebanggaan provinsi Jawa Barat, daerah ini mempunyai banyak sekali putra-putri daerah yang bersekolah di kota Yogyakarta, namun orang orang Karawang di Jogja tidak hanya berasal dari mahasiswa saja, yang sudah berkeluarga pun juga banyak tinggal di kota Yogyakarta.

Keluarga karawang Yogyakarta(KKY) itulah dia nama untuk komunitas masyarakat daerah kabupaten Karawang yang berdomisili di Yogyakarta. KKY ini sendiri dibentuk pada tahun 1971. 41 tahun lalu komunitas ini didirikan dan diresmikan pada saat itu oleh bupati yang menjabat. Letak atau kesekretariatannya KKY sendiri sampai saat ini masih tergolong komunitas yang nomaden alias belum memiliki rumah atau asrama khusus orang orang karawang yang tetap, tapi hal ini tidak menjadi penghalang bagi para masyarakat Karawang Yogyakarta.

KKY tidak hanya terdiri dari mahasiswa UIN Sunan Kalijaga saja, akan tetapi berbagai universitas lain baik swasta ataupun negeri di Jogja seperti UAD, UMY, UII,UPN,UNY, UGM juga turut bergabung dan meraimaikan komunitas KKY ini. Walaupun kadang menjadi hal yang sulit bagi komunitas ini untuk mengumpulkan berbagai mahasiswa yang berbeda universitas tersebut untuk melakukan berbagai kegiatan komunitas tapi ini tidak menjadi hambatan yang berat bagi mereka penggagas KKY ini.

Ahmad Bustomi,Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari Fakultas Syariah yang menjabat menjadi ketua pengurus KKY saat ini.Walaupun tidak tergolong dalam daftar mahasiswa muda di UIN, dia tidak memperdulikan hal tersebut dan tetap optimis mengedepankan hal-hal baik demi kemajuan KKY, dia bisa disebut pahlawan daerah yang solid, ungkap Laela Pathia (sekretaris jenderal KKY periode 2011 2012).

Perum Polri Gowok Blok E No 201 menjadi markas KKY yang di dalamnya terdapat sekitar 10 orang dari pengurus yang berdomisili di kontarakan sederhana nan indah ini. Adapun jumlah pengurus pada peride 2011 2012 ini yakini sekitar lima orang yang masing-masing telah memiliki job desc perorangnya, hingga dari mengurus atau mengkoordinir kegiataan olahraga pun sudah ada orang yang bertugas mengurusi hal tersebut. Inilah sekilas penggalan profil KKY saat ini. [Luthfi Afif Azzaenuri]


0 komentar: