phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

October 28, 2012

Musik Jawa Dengan Kemasan Etnik Se-Nusantara


Pernahkah kalian mendengarkan musik karawitan? Karawitan merupakan salah satu aliran kesenian musik yang berasal dari kata rawit yang berarti rumit, yakni musik yang rumit. Taukah kalian bahwa musik karawitan ternyata merupakan salah satu musik asli Indonesia yang tak hanya ada di Jawa saja, tetapi juga berasal dan tersebar di seluruh penjuru nusantara. Terkait dengan musik karawitan nih,  ada salah satu perkumpulan dari mahasiswa yang mencoba untuk melestarikan aliran musik daerah ini lho.

Sebuah komunitas di Institut Kesenian Indonesia (ISI) Yogyakarta yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa jurusan (HMJ) mendirikan sebuah perkumpulan yang bernama ‘PAKERTI’ yangmana merupakan singkatan dari Paguyuban Karawitan Putri. Mereka merasa bertanggung jawab atas kelangsungan nasib kesenian budaya asli nusantara yang semakin tertinggalkan, terlebih mereka berada di lingkup kampus kesenian. Mereka mempersembahkan kesenian karawitan guna untuk melestarikan kebudayaan yang kita miliki sehingga masyarakat bisa lebih menghargai kesenian asli nusantara yang beraneka ragam.

Untuk aktivitas kegiatannya, mereka sering berlatih menciptakan suatu kolaborasi antara karawitan dari budaya daerah tertentu dengan daerah lainnya. Karena gaya karawitan Jogja kurang populer dan familiar, maka kemudian mereka pun mulai mengoplos musik Jawa menjadi gaya Bali yang lebih populer. Dan untuk selanjutnya mereka pun mulai mempelajari musik-musik dari etnis lain seperti Sumatra, Sunda, Lombok, Makasar dan masih banyak lagi. Jadi selama 2 bulanan sekali mereka berlatih salah satu musik dari etnis lain tersebut dengan pembimbing dari anggota dan alumni komunitas pakerti ini sendiri yang berasal dari daerah musik tersebut, tak jarang alumni pun ikut berperan dalam memperkenalkan aliran musik baru kepada mereka sehingga akan lebih berwarna dan semakin menarik. Setelah itu barulah mereka mengadakan pementasan saat semuanya telah matang dari segi musik dan juga tempat pementasannya.

Untuk pementasannya, mereka sering menampilkan hasil karya karawitan di Kraton Yogyakarta, Pakualaman dan juga RRI Yogyakarta. Karawitan Pakerti ini juga selalu tampil prima di setiap acara wisuda tahunan yang diadakan ISI. Dengan berbagai kegiatan kesenian tersebut, PAKERTI dapat menunjukkan kepada masyarakat Indonesia bahwasannya masih ada komunitas maupun kelompok yang peduli terhadap kesenian khususnya karawitan. Semangat itulah yang menjadi pondasi bagi para mahasiswa yang bergelut di dunia seni.

Harapan komunitas ini yakni agar selalu ada dan dapat menaungi kesenian nusantara, terlebih pada musik karawitan yang mereka persembahkan untuk masyarakat, kampus, dan juga penikmat seni yang ada. Semoga nantinya kesenian karawitan ini banyak diminati dan ditularkan kepada anak muda lain yang tertarik dengan budaya mereka. Lebih-lebih mereka mempunyai keinginan untuk mempelajari dan membagikan kepada para pemuda lainnya tentang budaya nusantara yang harus dicintai, dijaga serta dilestarikan oleh kita semua. [Kartika Ambarsari]

0 komentar: