phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

October 23, 2012

KKY ‘s Activities

Begitu banyak pendatang dari belahan daerah dan penjuru dunia yang berdatangan ke tanah Mataram II dengan berbagai tujuan dan maksud. Ketika terdapat beberapa orang dari daerah yang sama di kota perantauan, So what will we have to do then ?. Ya, pastinya Kita akan mencari sebuah wadah yang berisi sekumpulan orang yang mempunyai  kesamaan latar belakang budaya dan agama. Begitu juga dengan keberadaan orang-orang yang berasal dari salah satu daerah di Provinsi Jawa Barat, yaitu Kabupaten Karawang di kota pelajar ini yang menamakan komunitas mereka KKY (Keluarga Karawang Yogyakarta)

Hidup di daerah yang notabene bukan kampung halaman tidak akan mengurangi rasa syukur anggota KKY karena masih bisa berkumpul dengan sekelompok orang yang memiliki kesamaan budaya. Anggota KKY tidak hanya terdiri dari pelajar atau mahasiswa saja namun terdiri juga dari para alumni,para cendikiawan, para niagawan yang berasal dari Kabupaten Karawang

Berbagai kegiatan pun diagendakan dan dilakukan oleh komunitas ini, mulai dari kegiatan khusus para kaum adam seperti futsal, badminton dan khusus untuk kaum hawa seperti tari daerah serta masih banyak lagi. Kegiatan-kegiatan tersebut ini dilakukan untuk mempererat rasa cinta akan tanah kelahiran, kegitan keagamaan pun tak luput dalam agenda kegiatan rutin KKY seperti yasinan/tahlilan, peringatan hari besar islam, tahun baru islam dll.

Laelatul Pathia atau akrab disapa Uchu’, Mahasiswi Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga yang sekaligus menjabat Sekretaris Jendral KKY  menuturkan “kalau di komunitas Karawang sendiri untuk agenda agenda besar lebih banyak atau lebih sering dilaksanakan di Karawang, jarang sekali dilaksanakan di Jogja karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan di Jogja sendiri”.

Beberapa aktivitas tersebut tidak jarang dijadikan sebagai ajang perlombaan di acara acara tahunan seperti tahun baru islam atau pada saat libur semester. Bahkan kegiatan khusus untuk perempuan seperti tari tradisional khas Kabupaten Karawang, Tari Jaipong pernah diikuti oleh salah seorang mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Fakultas Syariah yang sampai ke Malaysia dan Singapura dalam kompetisi tari.

Uchu juga menambahkan “untuk tahun ini acara atau kegiatan terbesar yang sudah dilaksankan yakni acara halal bi halal yang dihadiri oleh para alumni, para cendikiawan, pelajar dan mahasiswa saat di Karawang pasca beberapa hari setelah lebaran”. Inilah keasyikan serta kebersamaan kegiatan yang dilakukan KKY. [Rahmah Attaymini]



0 komentar: