phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

December 5, 2012

Berkarya Via LC (Lens Club)

Dunia seni memang tak pernah mengenal ujung untuk dibahas, karena seni itu sendiri sangatlah luas dan selalu menarik untuk disimak. Tidak dapat dipungkiri jika hidup  tanpa polesan seni akan terasa hambar serta kaku. Bahkan saat pertama kali Anda memasuki dunia pendidikan, anda sudah diperkenalkan seni, seperti bernyanyi dan menari di TK (Taman Kanak-Kanak) dan Playgroup. Seni yang akan kita bahas kali ini adalah seputar dunia lensa, atau lebih dikenal dengan Fotografi.

Yogyakarta, tepatnya di Universitas Sanata Dharma lahir sebuah UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) bernama Lens Club atau yang disingkat dengan sebutan LC. Sebuah UKM yang bergerak pada bidang fotografi ini didirikan pada tahun 1995, setelah adanya suatu ‘rasan - rasanan’ dari pecinta fotografi di Universitas Sanata Dharma untuk membentuk suatu wadah bagi pecinta dunia fotografi.  Dengan berdirinya komunitas yang masuk organisasi intra kampus ini, bakat dan minat pecinta fotografi dapat tersalur serta tiap – tiap anggotanya dapat bertukar pikiran, teknik, dan ide dalam pemotretan. LC mencoba menjadi salah satu wadah besar dalam pengembangan dan penyaluran nilai-nilai estetis khususnya melalui media foto. “Lebih jauh lagi, di Lens Club kami tidak peduli siapa anda, siapa orang tua anda, darimana anda berasal, memiliki kamera atau tidak. Jadi bersiaplah untuk memotret”  seru Brigita, yang menjabat sebagai divisi humas dalam organisasi ini.

Untuk debut, kegiatan awal LC adalah mengadakan suatu pameran dan sarasehan Fotografi dengan tema “Fotografi Sebuah Perenungan”. Acara tersebut berhasil menarik dan bahkan merekrut anggota baru baik dari kalangan mahasiswa, dosen bahkan staf USD (Universitas Sanata Dharma). Dalam kegiatan rutin LC, diadakan pelatihan dasar untuk mengenalkan dasar-dasar fotografi kepada anggota baru. Setelah bekal dasar mereka terima, langkah selanjutnya adalah melepas para anggota baru di ‘hutan’ fotografi untuk melaksanakan praktek hunting, dengan maksud agar mereka dapat menerapkan ilmu didapat secara teori.

Dalam perkembangannya, beragam prestasi sudah diukir anggota LC dakam bidang fotografi, sehingga para fotografer di komunitas ini menjadi sangat popular di Indonesia, khususnya Yogyakarta. Adapun prestasi yang telah dicapai diantaranya menggelar pameran foto "Belantara Budaya" 2008, lokasi Karta Pustaka, Pameran foto "tak (perlu) mati" dalam rangka memperingati hari pahlawan 2008, lokasi Wisma KR dan Pameran Eksternal "Chairil Anwar" bersama Sanggar Bambu 2011, Lokasi Bentara Budaya. [Helmi]

0 komentar: