phone: +6287 3936 4795
e-mail: hydrazone_community@yahoo.com

December 24, 2012

Hadrah Sebagai Media Dakwah

Apa itu Hadrah? Jika masih ada pertanyaan tersebut di kepala Anda, sebaiknya membaca sampai tuntas artikel ini yah. Istilah Hadrah memang kurang begitu familiar secara umum di Indonesia, karena kata Hadrah sendiri berasal dari bahasa Arab yakni ; Hadhoro – Yahdhuru – Hadhrotan (Hadrah )yang berarti ‘kehadiran’. Sedangkan secara istilah, menurut sebagian orang hadrah merupakan irama yang diperdengarkan yang berasal dari alat musik tabuh rebana.

Musik tabuh rebana merupakan salah satu dari sekian banyak seni tradisional yang ada di berbagai daerah Indonesia yang bernafaskan keislaman. Seni rebana mengandung nilai-nilai religius, estetika dan norma ajaran islam yang diduga dapat menjadi salah satu alternatif untuk membantu mengatasi krisis moral bangsa Indonesia dewasa ini. Seni music rebana tidak hanya dilestarikan oleh kaum di pesantren, melainkan juga telah dikembangkan menjadi seni musik komersial yang mampu memberikan kontribusi bagi kelangsungan hidup bagi yang bergelut dengan Hadrah, baik secara sosial, politik, ekonomi, dan budaya. Serentetan manfaat tersebut, maka sangatlah mungkin apabila musik rebana dipertimbangkan untuk menjadi salah satu materi pembelajarn seni di sekolah umum. Sampai saat ini kita bisa menemukan komunitas-komunitas yang berkecimpung dalam dunia seni Hadroh seperti komunitas Hadrah Ar-Rahman dari Jogja dan Grup Rapa’I Geleng dari Serambi Mekkah, Aceh. 

Hadrah  dalam masyarakat jawa lebih dikenal dengan istilah musik “terbangan”. Seiring dengan perkembangannya seni music kali ini, Hadrah sering kita jumpai pada acara - acara keagamaan seperti pada acara maulid Nabi Muhammad SAW, acara Isra'  Mi'raj, Haul (memperingati hari kematian seseorang) serta sebagai pengiring dalam beberapa acara kajian keislaman. Di samping itu, musik Hadrah juga sering diperdengarkan pada acara walimah 'ursy atau acara pesta pernikahan dan acara menyambut kelahiran seorang bayi.

Begitu banyak hal positif yang bisa kita peroleh dari seni music Hadrah, terutama hal-hal yang berkaitan dengan agama Islam. Tidak salah mengapa sampai sejauh ini seni music Hadrah masih memegang peranan penting terhadap media penyiaran Islam dan media dakwah di Indonesia. Oleh sebab itu, kepada seluruh pemuda-pemudi Islam yang ada di tanah air janganlah ragu apalagi malu memainkan atau memelajari seni musik Hadrah dan jangan terpengaruh oleh paradigma zaman sekarang yang didominasi oleh dunia barat. [Helmi]

0 komentar: